Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

"MENGUPAS BIRO ADMINISTRASI, AKADEMIK DAN KEUANGAN : DARI BAAK ABDUL KAHFI S.Pd UNTUK MAHASISWA"

 


MPM 27 Agustus 2023,

Pepatah pernah mengatakan berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Hal itu harus ada kesinambungan dari seluruh pihak kampus untuk kemajuan dan perkembangan kampus ini. Dalam acara kegiatan PROPESA STIT Al Marhalah Al ‘Ulya tahun 2023-2024 menjadi salah satu pengantar bagi mahasiswa baru untuk memahami regulasi akademik dan prosedur administrasi kampus. BAAK atau Biro Administrasi, Akademik dan Keuangan adalah salah satu pihak kampus yang berperan dalam pelayanan informasi mengenai administrasi, akademik dan keuangan kampus. Pada acara Propesa tahun ini, BAAK akan mengenalkan sekaligus menjelaskan perihal proses akademik dan administrasi di dalam kampus STIT Al Marhalah Al ‘Ulya kepada para mahasiswa baru, seperti yang dikatakan pepatah bahwa tak kenal maka tak sayang, jika ingin kenal kampus nya maka harus tahu isi kampus nya melalui prosedur yang sudah diselenggarakan oleh BAAK. Ketika sudah kenal maka akan tumbuh rasa sayang, dan bila sudah sayang maka giroh dalam menuntut ilmu di kampus serta aktif untuk setiap kegiatan yang di niatkan untuk kemajuan kampus tercinta ini.

Kami dari Pers Marhalah mewawancarai salah satu anggota BAAK mengenai apresiasi serta peran nya dalam kontribusi pada acara propesa tahun ini, khusus nya para mahasiswa baru yang dimana pasti akan timbul berbagai macam kendala di awal masa studi nya.



Tanggapan dari Bapak Abdul Kahfi,S.Pd selaku dari salah satu anggota BAAK mengatakan, “Kami menjelaskan kepada para mahasiswa baru dalam acara Propesa bahwa kami dari BAAK memberikan penyajian materi mengenai informasi beasiswa kepada mahasiwa baru baik dari yang lulusan Annida Al Islamy, yang masih satu yayasan dengan kampus ini maupun dari luar, dalam arti yang bukan dari lulusan Annida Al Islamy, berupa KIP, beasiswa pemerintah dan baznas, untuk membantu mereka yang terkendala keuangan akademis nya. Hal itu juga menjadi salah satu apresiasi dari kami kepada mahasiswa baru untuk lebih semangat dalam menuntut ilmu di kampus STIT Al Marhalah Al ‘Ulya ini dan aktif untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan kampus. Selain itu, untuk memudahkan mereka dalam proses akademis yaitu dengan menggunakan aplikasi SIAKAD, sistem aplikasi atau platform akademis kampus.”


Aplikasi SIAKAD adalah sistem aplikasi akademis yang disediakan oleh pihak kampus melalui BAAK, yang dimana pihak kampus bekerja sama dengan salah satu Perusahaan keuangan yaitu BJB Syariah. Aplikasi tersebut untuk memudahkan para mahasiswa baru dalam proses akademis dan administrasi nya.

Upaya BAAK dalam menyajikan informasi mengenai regulasi akademik dan prosedur kampus melalui SIAKAD kepada para mahasiswa baru, "Dalam acara propesa ini, melalui layar proyektor, kami menyampaikan penjelasan kepada mereka mengenai informasi seputar KRS dan administrasi akademis lain nya dengan menggunakan SIAKAD. Kami menjelaskan prosedur penggunaan SIAKAD, agar KRS dan nilai-nilai serta absen bisa masuk ke dalam SIAKAD. Dan kami memohon kepada para mahasiswa baru untuk membuka dan membaca website kampus, untuk mengetahui perihal kampus.”

Penjelasan yang diberikan oleh Bapak Abdul Kahfi,S.Pd mengenai prosedur penggunaan SIAKAD kepada para mahasiswa baru dalam acara propesa ini. Masa digital ini, sistem manajemen akademis dan portal online menjadi penting bagi mahasiswa untuk memiliki akses yang mudah dalam menginput KRS serta administrasi akademis lain nya, terutama untuk mahasiswa baru. BAAK menyarankan kepada para mahasiswa untuk menggunakan kartu dual sim, sim satu digunakan untuk belajar dan sim dua digunakan untuk pribadi atau mahasiswa datang ke kampus, karna kampus menyediakan WIFI khusus untuk seluruh masyarakan kampus termasuk mahasiswa. “Jika dalam mengakses KRS dan administrasi akademis lain nya mendapati kendala yang memang sekira nya sudah diluar batas kemampuan kami, maka kami selaku BAAK berusaha untuk menstabilisasikan sistem aplikasi tersebut dengan menghubungi pusat. Namun, jika kendala nya masih bisa kami jangkau, maka kami akan berusaha semaksimal mungkin memperbaiki nya untuk menormalkan kembali sistem aplikasi tersebut agar mahasiswa mampu segera melakukan pengimputan KRS dan begitu pula para dosen mampu segera melakukan penginputan nilai mahasiswa.” 

 


Manusia adalah makhluk yang tidak sempurna, kadang salah dan lupa. Lalu, tidak dipungkiri pula bagi mahasiswa yang terkadang lupa untuk mengisi KRS, mungkin bagi mereka mahasiswa yang mengambil kelas non regular atau kelas karyawan, yang kadang sudah sibuk dengan pekerjaan nya, yang memungkinkan mereka lupa dan berbagai alasan masing-masing mahasiswa. Bapak Abdul Kahfi,S.Pd menanggapi hal itu dengan menyampaikan kepada seluruh mahasiswa,”Kami akan memberikan sanksi kepada mereka. Sesibuk apapun, mengisi KRS adalah kewajiban semua mahasiswa, sampai mereka ujian, bahkan absen. Nilai pun tidak akan masuk dan terinput oleh dosen karna mahasiswa sendiri tidak mengisi KRS. Pihak BAAK memberikan sanksi berupa pemanggilan kepada mahasiswa/i yang terlambat mengisi KRS”

Dukungan BAAK pada mahasiswa baru tahun ini, Bapak Abdul Kahfi,S.Pd menanggapi hal itu dengan menyampaian pada siang ini, “Kami selaku BAAK akan menginformasikan kepada seluruh mahasiswa baru diawal studi nya perihal administrasi akademis dengan menshare link prosedur akademis melalui aplikasi SIAKAD dan menghimbau kepada seluruh mahasiswa baru untuk aktif terjun dalam UKM kampus, hal ini akan kami arahkan kepada mereka agar mahasiswa mendapat ilmu tidak hanya dibangku kuliah, hal itu akan kami beri informasi nya kepada para mahasiswa baru serta mengingatkan mereka untuk selalu menjaga nama baik almamater kampus dimanapun mereka berada.”(Minggu,27/08/23).

Dukungan tersebut berupa mengulas kembali tentang prosedur penggunaan aplikasi SIAKAD, untuk mengingatkan kembali kepada mereka dan agar memudahkan mereka yang masih kebingungan dalam penggunaan aplikasi tersebut atau mereka bisa langsung datang ke kantor BAAK. Lalu, dengan mengarahkan mahasiswa untuk aktif dalam UKM kampus, karna mencari ilmu tidak hanya dibangku kuliah saja, serta selalu bisa menjaga nama baik kampus.

Reporter          : Hilma Nahdiya
Photograper     : Bijli Nurrahman Rabbii
Editor              : Gorby Saputra - Saidul Hirlani

Posting Komentar untuk ""MENGUPAS BIRO ADMINISTRASI, AKADEMIK DAN KEUANGAN : DARI BAAK ABDUL KAHFI S.Pd UNTUK MAHASISWA" "