Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PELANTIKAN SEKALIGUS PENGUKUHAN KAMMALAH (BEM) STIT AL MARHALAH AL ‘ULYA MASA KHIDMAT 2023-2024

 


MPM 21 Agustus 2023,

Berbagai macam polemik dalam kehidupan organisasi memang sudah tidak dipungkiri. Namun, semua itu tergantung bagaimana setiap kelompok (organisasi) merespon dan menyikapi hal demikian itu. Banyak sedikit perbedaan dalam suatu pandangan, opini dan pendapat biarlah menjadi bumbu dalam setiap organisasi, baik internal maupun eksternal. Karna tanpa perbedaan, hidup tidak berwarna, begitu juga dalam ranah organisasi. Lika liku perjalanan berorganisasi tidak terlepas ada nya kerikil-kerikil kecil dan tanjakan tajam serta badai besar, semua bisa dilewati bersama-sama dengan kesungguhan, kesabaran, ketabahan, ketangkasan, tanggung jawab dan saling yakin satu sama lain walau terkadang harus diwarnai oleh air mata.

Datang akan pergi, lewat akan berlalu, bertemu akan berpisah. Tapi tidak dengan berorganisai, saat telah berakhir masa jabatan, tetap tumbuh dan berkembang sikap saling mengayomi, menyemangati, menasihati dan merangkul satu sama lain, baik yang telah bertemu maupun yang baru bertemu. Seperti kata pepatah, ringan sama dijinjing.

KAMMALAH atau Keluarga Mahasiswa Marhalah adalah sebutan dalam BEM kampus STIT Al Marhalah Al ‘Ulya Bekasi. Kegiatan Serah Terima Jabatan dan Pelantikan Pengurus Baru Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) “KAMMALAH” di Aula Kampus STIT Al Marhalah Al ‘Ulya Bekasi tahun 2023-2024. Acara dihadiri oleh Rektor, para Dosen PAI dan PIAUD serta Para anggota UKM Kampus Marhalah.

Sambutan serta saran dan pesan oleh Bapak Dr.KH. Muhammad Aiz,M.H di dalam auala kampus, siang hari,
“Alhamdulillah pada siang hari ini Insya Allah kita akan melaksanakan rangkaian kegiatan organisasi intra kampus, dimana kita akan melakukan serah terima jabatan dari Pengurus BEM KAMMALAH periode tahun lalu dan akan dilanjutkan oleh Pengurus BEM KAMMALAH periode saat ini. Ini merupakan sebuah hal yang baik, dimana kita dapat melakukan sebuah kegiatan regenerasi. Karna bagaimanapun regenerasi adalah hal yang penting, karna nya dengan ada nya pergantian ketua maka diharapkan energi nya akan lebih bagus lagi dibanding ketua yang sebelum-sebelumnya. Kegiatan atau program yang sudah berjalan dengan baik agar bisa dilanjutkan oleh BEM KAMMALAH baru dan program-program yang baru juga akan diluncurkan itulah hakikat sebuah organisasi, dimana setiap kepengurusan harus memiliki inovasi-inovasi menuju kesempurnaan. Para pengurus BEM yang saya banggakan, BEM atau yang kita kenal dengan sebutan KAMMALAH yaitu Keluarga Mahasiswa Majma Marhalah Al ‘Ulya, ini merupakan sebuah organisasi intra kampus, salah satu hal itu dibentuk untuk menjadi wadah pengembangan kemampuan bagi para mahasiswa-mahasiswi Marhalah dalam berorganisasi dan dalam melakukan managerial terhadap semua kegiatan kemahasiswaan. Tentu nya, saya sebagai ketua STIT memberikan dukungan yang sebesar-besarnya pada program yang sudah dibuat agar bisa direalisasikan secara tepat dan penuh manfaat. Mudah-mudahan BEM KAMMALAH periode 2023-2024 ini mampu menjadi jembatan yang baik antara mahasiswa dengan mahasiswa ataupun mahasiswa dengan pihak kampus, baik unsur Pimpinan, dosen maupun Tata Usaha (TU). Harapan saya tentu nya untuk pengurus BEM tahun ini dapat lebih mampu mengajak para mahasiswa lain untuk aktif, memajukan dan meramaikan dalam berbagai macam program yang ada di BEM. Dan yang terakhir, saya juga mengapresiasi kepada pengurus BEM KAMMALAH yang sudah purna bhakti masa khidmat nya, mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan ± 1 tahun betul-betul dapat memberikan pembelajaran yang baik untuk masing-masing pribadi pengurus dan juga membawa pengaruh yang baik kepada pengurus-pengurus selanjutnya serta yang akan datang.”


Setiap kejadian pasti ada pembelajaran, hikmah dan ibroh yang bisa diambil, begitu pun bagi BEM KAMMALAH yang sudah melaksanakan proker dan jabatan nya selama 1 tahun, pasti ada beberapa pembelajaran yang baik yang bisa diambil untuk pengurus BEM KAMMALAH saat ini. BEM KAMMALAH periode 2023-2024 adalah sebagai regenerasi menuju kesempurnaan, baik dari aspek managerial program kerja yang akan dilaksanakan dan aspek komunikasi yang baik terhadap pihak kampus secara struktural, karna BEM KAMMALAH saat ini diharapakan mampu menjadi jembatan yang baik antara mahasiswa dengan mahasiswa yaitu dimana BEM KAMMALAH mampu mengajak seluruh mahasiswa Marhalah untuk berpartisipasi dengan aktif  dalam memajukan dan meramaikan setiap kegiatan organisasi intra kampus serta mahasiswa dengan seluruh pihak kampu. Ini adalah saran dan pesan dari ketua rector kampus STIT Al Marhalah Al’Ulya yakni Bapak Dr. KH. Muhammad Aiz, M.H kepada seluruh mahasiswa.

Sambutan dilanjut oleh Ketua Prodi PAI yakni Bapak Dr. H. Ahmad Zamakhsari,M.Pd, “Alhamdulillah, di pagi hari ini kita menyelenggarakan dan mengikuti kegiatan Pelantikan BEM yang sebelum nya oleh pengurus lama sudah berjalan dalam 1 tahun kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan kami berharap besar bahwasannya segala sesuatu yang berdampak positif untuk lebih ditingkatkan dan diserahkan kepada BEM pada Angkatan baru ini dan juga kami dari pihak prodi  mengatasnamakan dari beberapa dosen bahwasannya untuk dapat berkomunikasi antara mahasiswa PAI dengan mahasiswa PIAUD dalam rangka melakukan sebuah kegiatan. Sebagaimana telah kita ikuti beberapa tahun yang lalu ± pada tahun 2022 ada beberapa kegiatan PAI yang sudah terselenggarakan dengan baik. Namun, minim nya komunikasi yang ada di BEM KAMMALAH belum maksimal. Maka besar harapan kami untuk BEM KAMMALAH angkatan tahun ini dapat berkomunikasi dengan baik. Apalagi beberapa kegiatan yang sudah ada dan untuk kegiatan yang akan datang agar dapat diikut sertakan, karna mahasiswa yang ada di STIT Al Marhalah Al ‘Ulya, kita berharap untuk dapat aktif dan maju dalam beberapa kegiatan yang akan dilakukan. Dan terakhir, kami sebagai ketua prodi mengajak kepada para mahasiswa pada kegiatan-kegiatan yang menjadi ciri khas kemarhalahan seperti HIKMAH untuk bisa diaktifkan Kembali.”


Beberapa saran yang diberikan oleh Bapak Dr. H. Ahmad Zamakhsari,M.Pd kepada BEM KAMMALAH Angkatan tahun ini. Pertama, Dalam melakukan suatu kegiatan harus berkomunikasi yang baik dan mengajak kepada setiap jurusan, PAI dan PIAUD. Kedua, Menjadi mahasiswa yang aktif dan maju salam setiap kegiatan kampus dan tidak hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu. Ketiga, Dapat diaktifkan kembali kegiatan yang menjadi ciri khas kemarhalahan, seperti HIKMAH atau Himpunan Keluarga Marhalah. Dimana kegiatan tersebut berisikan diskusi mengenai permasalahan-permasalahan kontemporer.

Kemudian, sambutan oleh Ibu Yuli Pujianti,M.Pd selaku Ketua Prodi PIAUD. Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa PIAUD lebih mayoritas Ibu-ibu, oleh karna itu tidak bisa untuk dijadikan pengurus. Namun, beberapa mahasiswa muda PIAUD bisa dijadikan sebagai pengurus BEM KAMMALAH. Dan jika untuk mengadakan kegiatan disarankan untuk tidak dadakan agar acara kegiatan rapih dan lebih tertata serta adakan program kegiatan kemerdekaan, seperti lomba antar mahasiswa atau dosen.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus BEM KAMMALAH yang sudah purna, yang sudah melaksanakan program-program kerja nya. Pesan dan saran saya untuk BEM KAMMALAH yang baru dan akan dilantik, dan tahun ini mahasiswa PIAUD ada yang masuk ke dalam kepengurusan BEM KAMMALAH, semoga lebih bersinergi mahasiswa PAI dan PIAUD. Karna melihat kondisi kebanyakan mahasiswa PIAUD adalah ibu-ibu dan dengan segala macam alasan nya, jadi agak repot untuk masuk ke dalam kepengurusan BEM KAMMALAH. Dan untuk program ke depan mungkin nanti BEM KAMMALAH bisa membuat program kerja untuk 1 tahun ke depan, kemudian nanti program kerja yang sudah direncanakan itu dipresentasikan terlebih dahulu kepada dosen-dosen. Program kerja yang sekira nya akan terealisasikan. Seperti yang sudah dikatakan oleh ketua prodi PAI kita, membuat diskusi-diskusi ilmiah untuk pengembangan diri kita. Program kegiatan  yang sudah dipresentasikan nanti baru di sahkan. Jadi, jangan mengadakan kegiatan itu dadakan seperti tahu bulat.” Pesan dan saran Ibu Yuli Pujianti,M.Pd melalui sambutan nya untuk BEM KAMMALAH baru.

 

Sambutan dilanjut oleh Bapak Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan yakni Bapak Prof. Hadi Winarno,M.Pd sebagai motivasi untuk para mahasiswa yang terkait pada organisasi, khususnya BEM KAMMALAH,  “Pelantikan ini tentunya pelantikan pengurus baru. Pergantian pengurus dalam suatu organisasi itu sebetulnya hal yang biasa seperti pergantian malam dan siang hari, jadi nggak ada yang putus dan tidak ada saling permusuhan. Jadi kalau bisa yang sudah menjabat Ikhlas tapi tetap memberikan pengalaman-pengalaman dalam mengelola organisasi di Kampus ini. Mungkin pengurus yang lama belum sempurna, tapi jangan berkecil hati dan merasa gagal sebab organisasi itu perlu kesinambungan. Sekali lagi terima kasih keikhlasan pengurus lama untuk menyerahkan jabatannya kepada pengurus baru” (senin,21/08/23).

Lalu, dilanjutkan dengan pembacaan teks surat keputusan tentang pengangkatan Ketua BEM KAMMALAH oleh Bapak Prof. Hadi Winarno, M.Pd sekaligus Pelantikan kepada Pengurus BEM KAMMALAH periode 2023-2024.

Dalam organisasi pasti selalu ada sedikit banyak nya kekurangan dalam setiap pelaksanaan agenda kegiatan. Oleh sebab itu, pengurus lama BEM KAMMALAH harus memberikan pengakuan terkait kekurangan dan kegagalan selama penjabatan serta harus di serahkan kepada pengurus agar dapat diperbaiki. Karna dalam berorganisasi itu harus berkesinambungan.

Ketua BEM KAMMALAH periode 2022-2023 yakni Saudari Afifah Mukhlis beserta jajarannya yang telah purna bhakti masih tetap berkelanjutan melakukan upgrading kepada Saudara Agung Setiawan, selaku ketua BEM KAMMALAH baru beserta jajarannya. Seperti yang dikatakan oleh Bapak Prof. Hadi Winarno,M.Pd pada sambutan nya yaitu tetap memberikan pengalaman-pengalaman dalam mengelola organisasi BEM KAMMALAH, untuk membantu pengurus baru.

Sambutan kepada ketua BEM KAMMALAH periode 2023 – 2024, "Ini adalah langkah awal yang kita ambil untuk kedepannya dan juga untuk memajukan nama kampus kita. Serah jabatan dan pelantikan BEM KAMMALAH periode 2023 - 2024 yang insyaallah akan memberikan kemajuan dan segi positif untuk kampus tercinta ini. Dan juga terimakasih kepada BEM KAMMALAH sebelumnya yang telah membimbing kami dari awal LDKM. Dan terimakasih kepada teman-teman BEM KAMMALAH yang sudah meluangkan waktunya pada hari ini dari kesibukan-kesibukannya."

Langkah awal untuk hal yang lebih baik. Semoga program kerja yang akan dilaksanakan oleh BEM KAMMALAH tahun ini bisa membawa pengaruh yang baik untuk kedepannya bagi kampus tercinta kita, agar lebih maju, lebih aktif, dan mampu memunculkan ide dan gagasan serta inovasi yang baru sesuai dengan kondisi dan situasi modern ini.

Kami dari pihak MPM Marhalah mewawancarai salah satu dosen kampus yakni Bapak Prof. Hadi Winarno,M.Pd mengenai tanggapan nya pada kegiatan Pelantikan BEM KAMMALAH periode 2023-2024. Beliau menyampaikan,”Setiap pergantian pengurus itu tentu diharuskan selalu ada perubahan. Tapi perubahan itu tentu nya tidak bisa berubah secara tiba-tiba, karena apa yang perlu dirubah dari kesalahan dan kekurangan BEM KAMMALAH yang sudah purna. Tentu pula ada masukan-masukan dari BEM KAMMALAH yang purna, hal itu harus terbuka supaya ada perbaikan pada visi dan misi calon BEM KAMMALAH saat kampanye.”

Rangkaian dalam mencari calon ketua dan anggota baru setiap tahun pasti selalu ada perubahan, karna setiap kader/calon pemimpin itu tentu nya berbeda dengan membawa visi dan misi untuk perkembangan STIT Al Marhalah Al ‘Ulya..

Untuk memperbaiki dan memajukan perkembangan kampus, maka perlu ada pembaharuan dan perubahan yang dapat berdampak baik bagi kampus STIT Al Marhalah Al ‘Ulya. Bapak Prof. Hadi Winarno,M.Pd menjelaskan mengenai hal tersebut “minimal harus ada badan penasehat artinya penasehat ini arti dari badan penasehat ini bukan untuk menasehati tapi memberikan masukan-masukan apa yang kurang pada diri nya pada saat ke pengurusan apakah bisa di lanjutkan atau perlu di ganti ataupun perlu di perbaiki, jadi perlu memang wadah seperti itu tetapi selama dia masih dalam lingkup menjadi mahasiswa tetapi kalau dia sudah lulus ada badan lain yang bisa di libatkan menjadi alumni, pengurus contoh nya seperti ada organisasi alumni pengurus BEM marhalah yang tentu nya bisa kita undang untuk memberikan masukan-masukan sesuai dengan kacamata mereka melihat kepengurusan sebelum-sebelumnya.” Dalam penjelasan tersebut pada inti nya memang penting untuk mengadakan organisasi yang melibatkan para alumni sebagai peninjau kinerja atau kepengurusan badan eksekutif mahasiswa (BEM) selain sebagai wadah silaturahmi para alumni BEM dari tahun ketahun.

Selain itu Bapak Prof. Hadi Winarno,M.Pd mengharapkan untuk para anggota BEM bisa menganalisis apa yang di inginkan oleh para mahasiswa yang tidak terlibat dalam ke pengurusan BEM tetap aktif untuk mengikuti organisasi sesuai dengan apa yang mereka sukai.

 

Berikut Nama Ketua dan Para Anggota BEM KAMMALAH Periode 2023-2024 :

-          Afifah Mukhlis                                                (Ketua BEM KAMMALAH)

-          Rizky Ihsanty                                                  (Wakil BEM KAMMALAH)

-          Safitri Dewi                                                    (Bendahara Umum 1)

-          Hety Hanik Maria                                           (Wakil Bendahara)

-          Yasmin Kamila                                               (Sekretaris Umum 1)

-          Irna Melinda                                                   (Wakil Sekretaris)

-          Datto Jainun Abdi                                           (Koor. Humas)

-          Saniyyah Rahmah                                           (Anggota Humas)

-          Siti Marwiyah                                                 (Anggota Humas)

-          M. Dzaki Hawari                                            (Koor. Sumber Daya Manusia)

-          Ahmad Athorid                                               (Anggota Sumber Daya Manusia)

-          Saidul Hirlani                                                  (Anggota Sumber Daya Manusia)

-          Syifa Alfia                                                      (Anggota Sumber Daya Manusia)

-          Sofia Az Zahroh                                             (Anggota Sumber Daya Manusia)

-          M. Afrizal Nurmansyah                                  (Koor. Pendidikan dan Dakwah)

-          Dendi Maulana Akbar                                    (Anggota Pendidikan dan Dakwah)

-          M. Wildan Al Farizi                                        (Anggota Pendidikan dan Dakwah)

-          Hilma Nahdiya                                               (Anggota Pendidikan dan Dakwah)

-          Laila Atiqoh                                                    (Anggota Pendidikan dan Dakwah)

-          Sa’adatul                                                         (Anggota Pendidikan dan Dakwah)

-          Refino Sawitra                                                (Koor. Kominfo)

-          Pipah Mardiana                                               (Anggota Kominfo)

-          Ubaidah                                                          (Anggota Kominfo)

-          Zaenal Arifin                                                  (Anggota Kominfo)



Berikut Nama Ketua dan Para Anggota BEM KAMMALAH Periode 2023-2024 :

-          Agung Setiawan                                             (Ketua BEM KAMMALAH)

-          M. Dzaky                                                        (Wakil BEM KAMMALAH)

-          Haekatu Zakiah                                               (Bendahara Umum 1)

-          Ghina Aulia                                                     (Wakil Bendahara)

-          Thoyibatul Munawaroh                                  (Sekretaris Umum 1)

-          Badrina Alfi                                                    (Wakil Sekretaris)

-          Nur Habibah                                                   (Koor. Humas)

-          Ahmad Anwar Saefuddin                               (Anggota Humas)

-          Alief Hafidzt Aulia                                         (Koor. Sumber Daya Manusia)

-          Maulidya Indriyani                                         (Anggota Sumber Daya Manusia)

-          Intan Nabila Putri                                           (Anggota Sumber Daya Manusia)

-          Syifa Alfia                                                      (Anggota Sumber Daya Manusia)

-          Nur Hajar Putri Ananta                                  (Anggota Pendidikan dan Dakwah)

-          Ahmad Syarifudin                                          (Anggota Pendidikan dan Dakwah)

-          Zahra Alin Amalia                                          (Koor. Kominfo)

-          Tolha Ali                                                         (Anggota Kominfo)

-          Syahar Banu                                                   (Anggota Kominfo)

-          M. Rifan Jamil                                                (Anggota Kominfo)

Reporter         : Datto Jainun Abdi

Photographer : Refino Sawitra – Ahmad Athorid

Editor             : Hilma Nahdiya – Andra Putra Firmansyah

Posting Komentar untuk "PELANTIKAN SEKALIGUS PENGUKUHAN KAMMALAH (BEM) STIT AL MARHALAH AL ‘ULYA MASA KHIDMAT 2023-2024"