Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Afifuddin : Kegiatan PPL sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran PAI

Afifuddin : Mahasiswa Semester 7 Non Reguler

PMU, 19 Oktober 2023

Ketika akan memasuki semester 7 semua mahasiswa fakultas PAI di STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya akan dihadapkan dengan PPL (praktik pengalaman lapangan), mereka akan diterjunkan ke pihak-pihak sekolah baik negeri maupun swasta untuk praktik mengajar.

Pada kesempatan kali ini persmu, mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai salah satu mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan PPL yaitu saudara afifuddin (mahasiswa semester 7 non reguler). Adapun yg menjadi tempat PPL nya yaitu SMPIT Karya Bahana Mandiri. 

Kira-Kira Kapan PPL bang afif dimulai dan berapa lama masa pplnya ? 

Kami mengikuti kegiatan PPL kurang lebih 2 bulan lebih dimulai akhir bulan Juli dan selesai pada akhir September yaitu tanggal 29.

Tantangan apa yang abang hadapi ketika  PPL tersebut berlangsung ? 

Ketika semasa PPL, tidak banyak tantangan yg saya hadapi, mungkin hanya  dari sarana dan prasarana nya saja berupa proyektor. Dalam hal ini, saran saya bagi teman-teman yang ingin mengajar, ketika mengajar janganlah hanya berpaku terhadap satu atau dua metode akan tetapi perbanyaklah metode-metode pengajaran. Karena hal tersebut akan berguna ketika kita terjun langsung ke kelas-kelas. 

Semasa PPL, Apakah ada tugas yg diberikan oleh pihak sekolah selain mengajar?  

Ada, waktu itu kami diminta tolong untuk memimpin siswa sholat dhuha dan tadarus al-Quran

Selama masa PPL, apakah ada teguran dan apresiasi untuk abang dan teman-teman PPL?  

Alhamdulillah selama kami melaksanakan PPL salah satu dari kami pun tidak dapat teguran dari pihak sekolah. Justru apresiasi lah yang kami dapatkan, karena selama masa PPL kami dapat meringankan beban guru-guru terutama untuk guru pamong

Apakah ada tips dan trik agar ketika masa PPL itu berjalan kondusif? 

Sebelumnya mungkin sebuah keunggulan bagi kelompok saya, karena kebanyakan dari kelompok saya, sudah mengajar di sekolah-sekolah dan itu membuat kami ringan dalam menjalankan PPL. Mungkin tips dan trik untuk mahasiswa PPL ke depannya, buatlah kesepakatan dahulu terhadap guru-guru di sana untuk jadwal yang kalian pegang dan apa saja yang akan kalian lakukan selama masa PPL tersebut. 

Apa yg menjadi Saran dan Harapan buat mahasiswa yang PPL pada tahun berikutnya bang ? 

Harapan saya kedepannya bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PPL. Persiapkan diri kalian dari sekarang untuk belajar cara mengajar agar ke depannya ketika PPL nanti mendapatkan kemudahan dan tidak kebingungan dan juga jaga nama baik almamater ketika PPL serta tetap jaga silaturrahmi terhadap pihak sekolah yang telah bekerjasama dengan kita.

Demikian pemaparan wawancara bersama bang afifudin. Besar harapan mahasiswa yang PPL pada tahun berikutnya bisa membawa nama kampusnya dengan sebaik-baiknya. 

Posting Komentar untuk "Afifuddin : Kegiatan PPL sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran PAI"