Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antara Lensa dan Panggung: Fathurrohman Merangkap Peran Ganda dalam Menciptakan Pengalaman Berkesan di Sumpah Pemuda

 Pers Marhalah Ulya 


Mengambil peran dalam satu kegiatan atau event adalah pengalaman dan pengetahuan. Pengalaman? Iya, karna jadi tau kondisi lapangan dengan praktek bukan hanya sekedar Teori yang di dengarkan tanpa ada Refleksi juga pengetahuan jadi lebih paham dalam mengambil sikap dan keputusan dalam suatu masalah yang datang secara tiba-tiba. 

Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang telah di laksanakan pada Hari Sabtu di Lapangan STIT Al-Marhalah Al-'Ulya adalah kegiatan Team , dan Teamnya juga harus yang benar-benar serius dalam mengambil peran sebagai kerangka panitia yang akan mengeksekusi acara tersebut baik dari Pra Acara , Hari H Acara dan Pasca Acara. Semua mengambil peranan masing-masing sesuai dengan Tugasnya. Tapi yang seru pada berita ini, Ada panitia yang mengambil 2 Jobdesk yang di tanggung di pundaknya. 

Kesempatan kali ini kami mewawancarai Fathurrohman Mahasiswa Semester 1 Reg sekaligus Anggota UKM Cilpa Aksa yang bertepatan pula sebelum acara berlangsung Kegiatan Pelantikan Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Intra STIT Al-Marhalah Al-'Ulya  pada kesempatan kali ini Fathurahman yang biasa di panggil Abang Fathur mendapatkan 2 Jobdesk yaitu Sebagai Sie. Dokumentasi Acara serta Anggota Dari pertujunkan Seni Teather yang akan ditampilkan untuk mengisi acara. Berikut ini wawancara yang kami lakukan : 

Pertama Abang Fathur, bisakah Anda menjelaskan peran Anda yang merangkap dalam tim dokumentasi acara dan tim teater untuk acara Sumpah Pemuda? Bagaimana Anda mengatur waktu dan tugas-tugas Anda dengan efisien?

"Saya merangkap sebagai Tim dokumentasi sekaligus performer pada acara sumpah pemuda, tentu tidak mudah untuk melakukan hal ini karena, disatu sisi saya sebagai dokumenter harus mengabadikan momen - momen pada rangkaian acara Sumpah pemuda dan di sisi yang lain saya juga bagian dari tim teater yang harus menampilkan penampilan yang memukau kepada audiense, tentu sulit untuk mengisi dua peran sekaligus tetapi Saya selalu berkoordinasi dan komunikasi dengan ke 2 tim tersebut agar tidak terjadi Miss comunication atau berbenturan Antara 2 peran yang saya jalani"

Yang Kedua Dalam hal dokumentasi acara, jenis media apa yang akan Anda gunakan untuk mengabadikan momen-momen penting dalam acara Sumpah Pemuda?”

"Untuk hal dokumentasi saya menggunakan Kamera video dan kamera fotografi. Dengan jenis media ini, saya berharap dapat menciptakan dokumentasi yang komprehensif dan mendalam tentang peringatan Sumpah Pemuda ini, sehingga dapat mengabadikan momen bersejarah ini dan membagikannya kepada audiens pada acara tersebut."

Selanjutnya Bagaimana Anda berencana mengintegrasikan dokumentasi visual dengan pertunjukan teater untuk menciptakan pengalaman yang lebih berkesan bagi para peserta?"

"Untuk menciptakan pengalaman yang lebih berkesan bagi para peserta dengan mengintegrasikan dokumentasi visual dalam pertunjukan teater, saya bersama tim memiliki rencana yang matang untuk mengintegrasikan dokumentasi visual dalam pertunjukan teater agar menciptakan pengalaman yang lebih berkesan bagi para peserta. Beberapa hal tersebut : 

1. Videografi selama pertunjukan yaitu disaat saya menampilkan pertunjukan teater dan saya tidak bisa mendokumentasikan momen pada saya tampil saya berkoordinasi bersama anggota tim yang lain untuk mengabadikan momen pada saat saya dan tim teater tampil. 
2. Tim dokumenter akan melakukan penyuntingan selama pertunjukan untuk memilih momen-momen yang paling kuat dan relevan untuk diproyeksikan kepada penonton.
3. Tim Kami akan memonitor reaksi penonton dan berusaha menyinkronkan tampilan visual dengan emosi yang dipancarkan oleh para pemain di atas panggung. Dengan mengintegrasikan dokumentasi visual dengan pertunjukan teater ini, kami berharap dapat membuat peserta merasa lebih terlibat, merasakan emosi yang lebih mendalam, dan memahami sejarah Sumpah Pemuda dengan cara yang lebih kuat dan berkesan.

Yang Keempat Dalam acara persiapan, tantangan apa yang mungkin Anda hadapi dalam menjalankan peran ganda ini, dan bagaimana Anda mengatasi tantangan tersebut?"

"Tidak ada kesulitan dalam menghadapi 2 hal ini karena pada pra acara saya selalu berkoordinasi dan komunikasi kepada 2 tim ini agar tidak ada benturan yang dapat mengganggu persiapan acara secara keseluruhan."

Yang Kelima, Terkahir Apakah Anda memiliki pesan atau harapan khusus terkait bagaimana dokumentasi acara dan pertunjukan teater dapat memberikan dampak positif pada keseluruhan acara Sumpah Pemuda?”

"Kesuksesan atau keberhasilan suatu acara salah satunya terletak pada dokumentasi yang diciptakan oleh tim dokumenter yang mengabadikan seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir, yang tidak kalah penting juga penampilan teater yang termasuk dalam rangkaian acara juga berperan penting untuk memberi pesan moral kepada audiense yang hadir tentang pentingnya memahami konsep sumpah pemuda pada masa ini yaitu masa generasi Z yang pada masa ini sudah mulai melupakan atau tidak memahami konsep sumpah pemuda ini. Pada intinya 2 hal tersebut memiliki dampak positif nya masing-masing yang saling berkaitan satu sama lain dengan dokumentasi kita dapat mengabadikan acara tersebut sedangkan dalam penampilan teater dapat memberikan pelajaran kepada orang lain bahwa sumpah pemuda ini mengandung tekad untuk bersatu dan berjuang untuk bangsa Indonesia tanpa memandang ras, agama dan suku."

Kesimpulannya Fathurrahman tidak menghadapi kesulitan dalam menjalankan peran ganda ini karena koordinasi dan komunikasi yang baik dengan kedua tim. Dia berharap bahwa dokumentasi acara dan pertunjukan teater akan memberikan dampak positif pada keseluruhan acara Sumpah Pemuda dengan mengabadikan momen bersejarah dan memberikan pesan moral tentang pentingnya memahami konsep Sumpah Pemuda pada era generasi Z.

Posting Komentar untuk "Antara Lensa dan Panggung: Fathurrohman Merangkap Peran Ganda dalam Menciptakan Pengalaman Berkesan di Sumpah Pemuda"