Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dhunna Kumbara : Seminar Kesehatan Mental Santri sebagai Kegiatan Pemulihan Psikis


Dhunna Kumbara : Pemateri Seminar Kesehatan Mental Santri

PMU, 11 Oktober 2023

PCNU Kota Bekasi, mengadakan kegiatan seminar kesehatan mental santri pada hari rabu, tanggal 11 Oktober 2023 di Pondok Pesantren An-Nida Al-Islamy Bekasi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari PCNU kota bekasi dalam rangka menyambut hari santri nasional pada tanggal 22 Oktober 2023. Pada kesempatan itu, kami dari UKM Pers Marhalah Al-'Ulya berkesempatan melakukan wawancara dengan salah satu pemateri seminar kesehatan mental santri Dhunna Kumbara dari PERHISA (Perkumpulan Hipnoterapis Profesional Indonesia) sebagai berikut.  

kegiatan seminar kesehatan santri itu kan Bang, termasuk dari rangkaian kegiatan acara yang dilakukan oleh PCNU Kota Bekasi. Lalu hal apa sih yang melatarbelakangi Abang dan kawan-kawan mengadakan kegiatan seminar ini?

"Kegiatan ini mengangkat tema bagaimana ke depannya santri-santri di Kota Bekasi khususnya, Bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan teman-teman yang sudah ikut seminar ini diharapkan bisa memberikan solusi tentang masalah psikis tentunya."

Terus kalau kegiatan seminar semacam ini yang diadakan abang dan kawan-kawan, Itu apakah baru kampus pertama atau sudah ada kampus sebelumnya? 

"Kebetulan kita dari PERHISA (Perkumpulan Hipnoterapis Profesional Indonesia). Kita lulusan dari IBH (The Indonesian Board of Hypnotherapy). Saya sendiri bersama lembaga itu, Tentunya sudah dari tahun 2014, kita sudah terjun mengisi ke sekolah-sekolah dan ke kampus-kampus.Terutama sekolah-sekolah swasta ya. Karena kalau di sekolah negeri kita agak sulit untuk akses masuknya. Untuk saat ini, Santa Maria  dan Yayasan At-Takwa itu sudah sering kita untuk mengisi acara-acara Kesehatan mental untuk kelas-kelas tingkat pendidikan tentunya. "



Berarti tidak hanya mengisi di lingkungan muslim saja, tapi lingkungan nonis juga ya, bang?

"Ya, betul. Karena kami sendiri tidak melihat agama apa, suku apa, golongan apa. Kami mempunyai beban moral dari lembaga bagaimana kita bisa mensejahterakan mental-mental yang bermasalah."

Lalu, apa sih yang menjadi perbedaan antara istilah psikoterapi dan hipnoterapi bang ? 

"Psikoterapi adalah masalah psikis atau mental yang harus diobati dengan metode-metode yang biasanya digunakan oleh psikiater. Sedangkan hipnoterapis itu adalah pengobatan metode dengan hipnotis."

Jadi sebenarnya sama-sama mengobati masalah kejiwaan dan juga hampir sama cara penyelesaiannya. Cuma bedanya ini mereka dari psikolog, kami dari hipnoterapi.

Ada saran nggak bang terhadap penyelenggaran acara ini ? 

"Alhamdulillah penyelenggaraan acara ini luar biasa. Terutama untuk teman-teman kampus di sini. Panitianya sambutannya juga luar biasa. Responnya juga luar biasa. Di tengah keterbatasan, mereka bisa melakukan kolaborasi untuk mensukseskan acara ini."

Setelah diadakan acara ini, apa sih yang menjadi harapan abang mengenai acara ini ?

"mudah-mudahan ke depannya, kita bisa berkolaborasi dengan Yayasan Annida. Karena pastinya masalah-masalah psikis itu dari tingkat MTS, tingkat SMA, tingkat mahasiswa itu sangat tinggi. Jadi yang saya harapkan ke depannya setelah seminar ini. Bagaimana teman-teman mahasiswa di sini, pelajar di sini bisa memberikan solusi untuk minimal lingkungan di Yayasan Annida sendiri. Apalagi saat ini PR kita sangat banyak. Yang terutama adalah bullying terus juga LGBT dan Narkoba."



Dari kegiatan seminar ini, mungkin ada yang tertarik dari siswa atau pun mahasiswa yang ingin melakukan pendalaman materi tentang hipnoterapi. Itu gimana caranya Bang? 

"Ya, kami juga disini sangat membuka lebar-lebar. Seperti omongan kita ketika technical meeting kemarin. Kami sangat membuka ruang selebar-lebarnya kepada siapapun rekan-rekan. Dari mahasiswa, Yayasan Annida ataupun dari pelajar. Yang ingin mendalami materi hipnoterapi Atau ingin menjadi seorang hipnotis. Nanti kita akan buka kelas. Kita akan buka kelas gratis karena itu sudah kita lakukan. Yang penting komitmen dan Bersungguh-sungguh ingin menjadi seorang hipnoterapis serta bersungguh-sungguh mengabdikan dirinya untuk masyarakat."

Selain itu, beliau menambahkan "setiap malam minggu biasanya base camp kita di alun-alun kota Bekasi. Bersama Bekasi Hipnotis Community. Kebetulan saya juga sebagai ketuanya disitu. Nanti kita juga bisa buka kelas". 

Posting Komentar untuk "Dhunna Kumbara : Seminar Kesehatan Mental Santri sebagai Kegiatan Pemulihan Psikis"