Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dr. KH. Fachrudin,M.Ag. : Manfaat Organisasi dan Korelasinya dalam Aktivitas Kampus dan Masyarakat.

Dosen STIT AL MARHALAH AL ULYA
Dr. K.H.Fachrudin, M. Ag. 

Bekasi-persmarhalah.com. Dosen STIT AL MARHALAH Sekaligus pimpinan Pondok Pesantren Misbahul Falah, Dr.H.Fachrudin,M.Ag. memberikan tanggapannya mengenai "Manfaat aktivitas organisasi dari perspektif islam dan hubungannya dengan aktivitas di lingkungan kampus dan masyarakat" di Kantor BLK Al-Hanin, Jalan K.H. Mas Mansyur No. 91, Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur pada hari selasa (24/10/2023). 

Organisasi tentu memiliki manfaat yg sangat banyak terkhusus kepada orang yg berkecimpung dalam organisasi itu sendiri. Terkait Organisasi Kampus, Pada tanggal 24 Oktober 2023 Pers Marhalah telah menulis artikel dengan judul  "Tujuan, Manfaat, dan Organisasi Kampus atau Unit Kegiatan Mahasiswa dari Intra hingga Ekstra Kampus". Dengan membaca artikel tersebut kita akan mendalami tentang organisasi kampus baik intra atau pun ekstra dari sisi tujuan dan kemanfaatannya. 

Kh. Fachrudin bersama santri
Kh. Fachrudin bersama Santri Misbahul Falah

Dalam pembukaannya, beliau menyampaikan bahwa Arah Organisasi itu mengarah sesuai dengan asas dan visi misi yg dimiliki oleh organisasi tersebut. 

Menurutnya, Tujuan yg terhormat dalam organisasi itu ialah Memanusiakan manusia dan memberikan kontribusi yg positif kepada orang lain baik secara personal, golongan maupun dalam konteks kebangsaan tanpa melihat suku, adat-istiadat, agama selama itu menjadi kebaikan masyarakat luas.

"Bahkan Rasulullah pun menjadi organ dari organisasi yang dibangun dalam skala kebangsaan sebagai bangsa Arab". Ucap Kiyai Fachrudin. 

Selain itu, Rasulullah sendiri memegang teguh tentang nilai-nilai kebangsaan yg ada di lingkungan dimana beliau tinggal dan ia mempunyai misi kemanusiaan dalam membangun bangsa Arab yg jahiliyah menjadi bangsa yg beradab. Tambahnya. 

Terkait hal itu, beliau menceritakan bahwa pada saat itu, memang penyebutan organisasi bukan disebut organisasi akan tetapi disebut kaum/umat/hizbul muslimin (golongan orang-orang muslim). 

Penyampaian beliau tentang peran organisasi dalam masyarakat yaitu Dalam Konteks yg sekarang, peran organisasi yg bergerak di masyarakat secara terbuka memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Karena di dalam organisasi masyarakat itu terdiri dari berbagai orang yg mempunyai kompetensi dan kontribusi masing-masing sesuai bidangnya. 

"Mahasiswa yg aktif di kampus itu Terkesan secara rasional dan intelektual lebih luas wawasannya dan mudah dalam menyampaikan narasi-narasi menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yg dihadapi dan juga biasanya lebih menghargai pendapat orang sehingga tentu sikap ini dalam kehidupan berkampus akan menjadi positif".Tanggapan beliau mengenai Mahasiswa yg aktif di organisasi di kampus. 

Bisa disimpulkan bahwa organisasi dalam perspektif islam tentu membawa misi yg terhormat dalam memanusiakan manusia dan membangun ekosistem kehidupan yg baik di lingkungan masyarakat atau pun kampus.

Posting Komentar untuk "Dr. KH. Fachrudin,M.Ag. : Manfaat Organisasi dan Korelasinya dalam Aktivitas Kampus dan Masyarakat. "