Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KH. Madinah, HL., S.Ag. MM. : Peran PCNU Kota Bekasi dalam Menyambut Hari Santri Nasional

KH. Madinah, HL., S.Ag. MM. : Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Bekasi  
PMU, 12 Oktober 2023

PCNU Kota Bekasi, mengadakan kegiatan seminar kesehatan mental santri pada hari rabu, tanggal 11 Oktober 2023 di Pondok Pesantren An-Nida Al-Islamy Bekasi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari PCNU kota bekasi dalam rangka menyambut hari santri nasional pada tanggal 22 Oktober 2023. Pada kesempatan itu, kami dari UKM Pers Marhalah Al-'Ulya berkesempatan melakukan wawancara dengan salah satu pemateri seminar kesehatan mental santri yaitu KH. Madinah, HL., S.Ag. MM. selaku Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Bekasi sebagai berikut.  

Apa sih yang melatar belakangi acara seminar kesehatan mental santri ini ?

Di Era Globalisasi dengan keadaan santri yg beragam dari mulai sibuk dengan Hp, Komputer dll. Seminar kesehatan mental ini sebagai upaya untuk santri itu biar mentalnya kuat.

Pelajar zaman sekarang itu kadang rentan juga gitu Kiyai membully karena bedanya afiliasi misalnya Muhammadiyah, Wahabi dll. Bagaimana upaya santri itu untuk tidak melakukan hal tersebut Kiyai ? 

Mereka itu kita harus bekali ilmu-ilmu ya. Kita ini NU itu sebagai penyejuk, NU itu sebagai pencontohan, NU itu sebagai segala-galanya. Artinya, kita jangan terpancing, kita cari ilmu itu seperti padi semakin ada isinya, semakin merunduk. 

 Terus agenda kegiatan road map PCNU ini Menjelang HSN ini, Apakah sudah menjadi agenda setiap tahun? 

Ya, Ini agenda setiap tahun. Karena kita sebagai santri ya harus mengadakan action-action (Pergerakan-Pergerakan), maka kita semua mengadakan kegiatan terutama di kota Bekasi. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari 6 titik kegiatan menuju puncak hari santri nasional pada tanggal 22 oktober 2023.

terus, kalau menurut sudut pandang Kiai Mengenai keadaan mental santri zaman sekarang itu Seperti apa sih kiyai ? 

Kalau sekarang banyak sekali ya Godaan, cobaan, ujian bagi para santri. Maka dengan adanya PCNU Kota Bekasi ini, Jika tidak diadakan kegiatan-kegiatan itu menjadi sebuah kekhawatiran dari para tokoh-tokoh agama PCNU Kota Bekasi. Bahasanya itu, Lebih baik sedia payung Sebelum hujan kan dan Lebih baik menjaga daripada udah kecebur.

Apa yg menjadi harapan Dengan diadakannya seminar ini Bagi para santri ?  

Saya berharap Agar Para Santri di Kota Bekasi mereka memiliki kecerdasan, berilmu dan berakhlak, berguna bagi Nusa, Bangsa Serta Agama. Selain itu, Maju Di bidang apa saja dan bisa membawa Ahlu sunnah wal jamaah dengan sebaik-baiknya.

Posting Komentar untuk "KH. Madinah, HL., S.Ag. MM. : Peran PCNU Kota Bekasi dalam Menyambut Hari Santri Nasional"