Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marhalah Mengajar : Panduan Set-Up dalam Pembuatan Makalah di Microsoft Word dan Power Point

Marhalah Mengajar
PMU, 8 Oktober 2023
Pada hari sabtu kemarin tanggal 7 0ktober tahun 2023, Purna BEM Kammalah bekerja sama dengan BEM Kammalah mengadakan program kegiatan marhalah mengajar yang kedua kalinya. Pembahasan pada pertemuan kali ini mengulang pembahasan tentang set up pembuatan makalah di word dan tambahan pembahasan tentang set up pembuatan makalah di power point. Adapun pengajar pada program marhalah mengajar pada pertemuan kedua yaitu Bang Arief Hidayat,S.Pd.
Makalah adalah sebuah tulisan atau naskah yang berisi tentang suatu topik atau masalah tertentu. Biasanya, makalah ini disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi, analisis, atau pemahaman lebih mendalam tentang topik tersebut kepada pembaca. Makalah seringkali digunakan dalam dunia pendidikan, akademik, atau ilmiah untuk mengungkapkan hasil penelitian, pemikiran, atau gagasan tentang suatu subjek.
Makalah biasanya memiliki struktur tertentu, termasuk pendahuluan, kerangka teori, metode penelitian (jika ada), hasil penelitian, pembahasan, dan kesimpulan. Selain itu, makalah juga mengutip sumber-sumber yang digunakan sebagai referensi untuk mendukung argumen atau penelitian yang dilakukan.
Makalah bisa beragam dalam panjangnya, mulai dari beberapa halaman hingga ratusan halaman, tergantung pada jenis dan tingkat kompleksitas topik yang dibahas. Makalah juga dapat digunakan sebagai sarana untuk berbagi pengetahuan, mengkomunikasikan ide, atau memperluas pemahaman tentang berbagai isu atau subjek yang relevan.
Sebelum membahas tentang set up makalah di Microsoft Word, Bang Arief Hidayat,S.Pd. pada pembukaan pengajarannya menjelaskan tentang Pentingnya Microsoft Office bagi seorang guru atau sarjana pendidikan. Seorang guru harus menguasai setidaknya 3 aplikasi dari microsoft office yaitu Microsoft word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point.
Dalam dunia pendidikan sekarang itu kan sudah memasuki Era Digital, maka seorang guru harus menguasai teknologi yang difungsikan untuk pembelajaran di kelas, membuat RPP, Silabus, Prota, Prosem dan lain-lainnya. 
Microsoft Office tentunya memiliki banyak jenis di dalamnya, akan tetapi hal yang harus dipelajari bagi seorang guru itu hanya 3 bagian dari microsoft office Microsoft word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point. Tujuan dari mempelajari Microsoft Word bagi seorang guru diantaranya yaitu bisa membuat soal ujian, membuat surat undangan acara sekolah dan lain-lainnya. Sedangkan Tujuan bagi Mahasiswa diantaranya yaitu bisa membuat makalah, skripsi, jurnal dan lain-lainnya. Kemudian tujuan dari mempelajari Microsoft Excel ini berkaitan dengan pembuatan data seperti Rapot Siswa, Daftar Kehadiran atau Absensi, Penilaian Ulangan Harian dan lain-lainnya. Selanjutnya, tujuan dari mempelajari power point diantaranya yaitu bisa membuat pembahasan singkat atau pointer - pointer sesuai dengan objek yang dikaji dan disampaikan kepada siswa di kelas.
Set Up (Pengaturan) dalam pembuatan Makalah harus dipelajari bagi siapapun yang ingin membuatnya. Dalam pembuatan Makalah di Microsoft Word dan juga Power Point tentu memiliki aturan yang berlaku di dalamnya. Beikut ini kita akan membahas tentang beberapa set up (pengaturan) yang di ajarkan oleh Bang Arief Hidayat,S.Pd. dalam pembuatan makalah dari mulai Microsoft Word hingga Microsoft Power Point sebagai berikut.
Bang Arief Hidayat,S.Pd.
Arief Hidayat,S.Pd.
Sebelum kita membahas tentang judul sampai kesimpulan, kemudian footnote dan daftar pustaka, kita akan membahas beberapa hal berkaitan dengan format halaman yang ada di Microsoft Word sebagai berikut.
Pada tab page layout di Microsoft Word terdapat ukuran kertas yang bisa kita atur sesuai kebutuhan (Pada Menu Size), Kemudian untuk mengatur batas barisan bisa kita gunakan sesuai kebutuhan (Pada Menu Margins), Selanjutnya untuk halaman yang berbeda kita bisa gunakan Next Page pada menu breaks. Untuk mengatur urutan nomor halaman atas atau bawah kita bisa menggunakan menu page number yang terletak di tab insert.
Hal yang harus diperhatikan juga yaitu jenis dan ukuran huruf, jarak paragraf perspasi, jarak paragraf atas dan bawah (Before dan After). Kemudian ketika menulis awal paragraf itu ditulis agak menjorok ke dalam tulisan (satu kali tab). Berikut ini Beberapa Set-Up yang harus diperhatikan dalam pembuatan karya ilmiah di Microsoft Word Sebagai Berikut.

Judul 

Dalam pembuatan judul seorang mahasiswa harus mengetahui tentang tema apa yang mau diangkat, kemudian dijadikan sebuah judul pada sebuah makalah. Setelah menemukan judul, kemudian menyesuaikan dengan keadaan sosial pada saat itu. Semisal : Pengaruh Full Day School terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Swasta. Pada judul tersebut, tema yang akan diangkat yaitu tentang Full Day School, kemudian dikaitkan dengan keadaan sosial yang terjadi pada saat itu.

Kata Pengantar

kata pengantar adalah bagian penting dalam sebuah makalah yang memberikan pengantar kepada pembaca tentang apa yang akan mereka temui dalam naskah tersebut. Dalam arti yang lain, kata pengantar berisi tentang gambaran umum tentang isi makalah. Selain itu, biasanya di dalam kata pengantar penulis juga menyertakan ucapan terima kasih kepada orang-orang atau sumber-sumber yang telah membantu dalam penulisan makalah.

Daftar Isi 

Daftar isi adalah bagian dari sebuah dokumen makalah yang berisi daftar halaman atau bagian-bagian penting yang terdapat dalam dokumen tersebut, beserta nomor halaman di mana bagian tersebut dapat ditemukan. Tujuan utama dari daftar isi adalah membantu pembaca untuk dengan cepat menemukan informasi yang mereka butuhkan dan memberikan gambaran umum tentang struktur dokumen. Dalam pembuatan daftar isi bisa menggunakan secara manual dan otomatis.

Pendahuluan

Dalam penulisan makalah biasanya ketiga hal itu terdapat pada BAB 1. Isi dari BAB 1 yaitu tentang latar belakang masalah, rumusan masalah dan tujuan penulisan. Adapun pembahasan dari ketiga hal tersebut sebagai berikut.
Latar Belakang Masalah adalah halaman yang berisi tentang alasan mengapa sebuah judul itu diangkat pada karya ilmiah yang dibuat. Kemudian Rumusan Masalah adalah permasalahan-permasalahan apa saja yang akan diangkat pada judul tersebut. Selanjutnya, Tujuan Penulisan itu berisi tentang tujuan dari rumusan masalah yang akan hendak diteliti.

Pembahasan

Dalam penulisan makalah setelah menulis bab ke-1 terdapat pembahasan yang akan ditulis pada bab ke-2. Adapun isi pembahasan yang akan dibahas yaitu berisi bahasan yang bersesuaian dengan rumusan masalah yang akan diteliti. Semisal kalau ada 4 rumusan masalah, maka pembahasan yang akan dibahas berjumlah 4 bagian.

Penutup

Setelah menulis pembahasan pada bab yang ke-2, kemudian ditutup dengan bab 3 yang berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan itu berisi tentang inti dari pembahasan yang kita bahas dalam sebuah makalah atau karya ilmiah. Sedangkan saran adalah berisi tentang permintaan kepada yang membaca makalah untuk memberikan komentarnya terhadap kekurangan isi makalah yang nantinya akan diperbaiki pada makalah selanjutnya.

Footnote dan Daftar Pustaka

Footnote adalah catatan kaki yang ditandai pada bacaan tertentu, kemudian nantinya ditulis pada bagian footer (Halaman bawah) pada makalah. Dalam pembuatan footnote kita bisa mengklik tab references kemudian klik insert footnote pada bacaan yang akan dijadikan catatan kaki. Posisi Footnote agak menjorok ke depan seukuran satu kali tab.
Daftar Pustaka 
Daftar Pustaka itu ditulis pada bagian akhir setelah bab 3. Daftar Pustaka berisi referensi-referensi yang terdapat pada makalah yang kemudian dicantumkan pada makalah tersebut. Dalam penulisannya baris kedua pada daftar pustaka agak menjorok ke dalam dan baris pertama ditulis normal (tidak menjorok ke dalam). Cara untuk mengurutkan abjad pada daftar pustaka bisa mengklik sort (Simbol A dibawah Z dan disampingnya ada tanda panah ke bawah) pada tab Home.

Power Point

Power Point biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu hal yang ditulis secara singkat di power point dikarenakan di dalamnya berisi pointer-pointer tentang objek yang dikaji. Berikut ini beberapa pembahasan beberapa tab yang ada di power point sebagai berikut.

Home dan Insert

Pada bagian menu Home kita bisa mengatur opsi model tampilan tulisan slide yang menjadi keinginan kita. Kemudian pada menu insert di situ kita bisa menambahkan gambar baik secara online ataupun gambar yang ada di komputer. Selain itu kita bisa menambahkan audio dan video yang ingin ditampilkan pada slide power point

Design, Transitions, Animations

Design itu berati opsi tampilan gambaran slide yang ada pada power point. Kemudian Transitions itu berati tampilan animasi perpindahan slide yang ada di power point. Terakhir Animations itu berarti adanya gerakan animasi pada bacaan dan bentukan gambar yang ada di power point.
Demikianlah pemaparan yang disampaikan oleh bang Arief Hidayat,S.Pd. tentang set up makalah dan power point. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari apa yg telah diajarkan oleh beliau.

Posting Komentar untuk "Marhalah Mengajar : Panduan Set-Up dalam Pembuatan Makalah di Microsoft Word dan Power Point "