Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marshanda Bunga A.: MC kondang dibalik suksesnya acara seminar kesehatan mental santri


Pers Marhalah Ulya 

Kesehatan mental adalah kondisi psikologis dan emosional seseorang yang mempengaruhi cara berpikir, merasakan, dan bertindak. Kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti genetika, lingkungan, pengalaman hidup, stres, dan gaya hidup. Kesehatan mental yang baik dapat membantu seseorang mengatasi tantangan, mengembangkan hubungan yang sehat, dan menikmati kehidupan. Sebaliknya, kesehatan mental yang buruk dapat menyebabkan gangguan mood, kecemasan, depresi, atau bahkan bunuh diri.

Dan pada hari rabu, tanggal 11 Oktober 2023 PCNU Kota Bekasi menyelenggarakan kegiatan seminar kesehatan mental santri di Pondok Pesantren An-Nida Al-Islamy Bekasi. Kegiatan yang diselenggarakan oleh PCNU Kota Bekasi ini merupakan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional pada tanggal 22 oktober 2023. Pada kesempatan ini, kami selaku UKM Pers Marhalah Al-‘Ulya melakukan wawancara dengan MC pada kegiatan seminar Kesehatan Mental Santri tersebut, yaitu Marshanda Bunga A. Yang kerap dikenal dengan panggilan kakak shasa, adapun wawancaranya sebagai berikut.

Kakak Shasa, bagaimana Anda merasakan pentingnya kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari dan apa yang mendorong Anda untuk berperan dalam acara ini?

“Saya rasa kesehatan mental amat sangat penting untuk keberlangsungan hidup dalam bermasyarakat... kita perlu berpikir untuk menghadapi orang lain sehingga lisan dan perilaku kita tidak menyinggung/menyakiti orang lain.

Saya terdorong untuk mengikuti kegiatan ini, karena saya sendiri juga ingin belajar lebih dalam lagi untuk menjaga kesehatan mental serta mendukung segala upaya dalam penjagaan kesehatan mental di ranah pendidikan.”

Sebagai MC acara ini, bagaimana Anda berencana untuk menciptakan atmosfer yang mendukung, empati, dan penuh pengertian untuk semua peserta, terutama mereka yang mungkin sedang menghadapi tantangan dalam kesehatan mental mereka?

Rencana untuk kedepannya saya akan berusaha untuk terus berperan dlm forum kesehatan mental seperti ini... insyaallah pertemuan ini akan berkelanjutan dan akan diadakan pertemuan rutin sebagai tempat edukasi dan sebagainya wadah bagi para siswa/i serta mahasiswa/i yg membutuhkan konseling.Saya juga akan mengajak teman-teman saya untuk mengikuti forum ini demi menjaga kesehatan mental bersama.”

Dalam pandangan anda, apa yg bisa kita lakukan sebagai mahasiswa untuk mengurangi stigma seputar masalah kesehatan mental dan menciptakan lingkungan yg lebih inklusif?

Bisa dengan cara menambah edukasi mental health, atau dengan mengadakan acara konseling rutin terbuka bagi teman2 yang merasakan adanya ketidak nyamanan dlm kesehatan mental nya.”

Apakah ada pesan khusus atau nasihat yang ingin anda sampaikan kepada masyarakat yang ingin meningkatkan kesehatan mental mereka?

Pesannya... hargailah perasaan orang lain terlebih dahulu jika ingin di hargai perasaan nya... Yuk sama2 kita kontrol emosi... berpikir sebelum bertindak dan berbicara, agar tidak menyinggung perasaan orang lain. hargai perbedaan, saling hormat menghormati, saling sayang menyayangi... memanusiakan manusia tidak membuat kita menjadi hina... jangan takut untuk speak-up.”

Umar bin Khattab Radhiyallahu 'anhu berpesan:

"Jauhilah semua hal dan semua orang yang menyakitimu. Berkawanlah dengan sahabat yang baik meski engkau sulit menjumpainya. Mintalah saran kepada orang yang memiliki rasa takut kepada Allah."


Reporter : Muhammad Farhan 

Posting Komentar untuk "Marshanda Bunga A.: MC kondang dibalik suksesnya acara seminar kesehatan mental santri "