Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muhammad Faizal : Menyambut Gembira Hari Batik Nasional

Muhammad Faizal
Muhammad Faizal dan Misbah Khoir Bersama Dosen Pak H.Komaruddin, MMPd

PMU, 4 Oktober 2023

Penetapan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional ternyata berkenaan dengan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu. Pakaian batik sendiri sudah menjadi bagian dari budaya kebanggaan masyarakat indonesia. Selain itu, batik merupakan salah satu jenis karya seni rupa dengan segala motifnya yang berkembang di Indonesia. Pakaian batik biasanya dipakai pada saat acara-acara resmi seperti resepsi pernikahan dan lain-lain. 

Muhammad Faizal
Muhammad Faizal bersama Teman-Teman Mahasiswanya

Pada hari batik nasional senin, tanggal 2 oktober 2023 mahasiswa dan mahasiswi STIT Al-Marhalah Al-'Ulya menyambut hari batik nasional dengan sangat antusias. Hal ini bisa dilihat dari kekompakan mereka dalam memakai pakaian batik dengan motif yang berbeda-beda dan juga keceriaan mereka yang terlihat dari foto yang mereka bagikan ke sosial media. Pada kesempatan ini, kami dari UKM Pers Marhalah 'Ulya mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan Muhammad Faizal dari Semester 5 Reguler sebagai berikut. 

Kalau berbicara tentang batik, tentu ia merupakan ciri khas pakaian orang Indonesia yg sudah mendunia. Lalu apa sih yg membuat abang antusias untuk merayakan hari batik nasional ? 

 Di zaman yang penuh dengan alur globalisasi ini, banyak sekali kultur budaya yang banyak ditinggalkan dan tidak lagi adanya pelestarian budaya. Diadakannya hari batik nasional oleh BEM itu sangat bagus. Dikarenakan baru kali ini menurut saya diadakannya. Selain itu, bagus juga bagi mahasiswa untuk memelihara kultur budaya yang ada di indonesia yaitu batik. Jarang- jarang kan setahun sekali pake batik ada rasa yang berbeda memakai pakaian batik di hari batik nasional.

Apa saja sih bang kegiatan yg dilakukan oleh mahasiswa stit al marhalah al ulya pada hari batik nasional? 

Pada hari batik nasional, mahasiswa melakukan kegiatan foto bersama antar tingkat semester. Walaupun belum semua nama mahasiswa yang dikenal pada hari batik nasional tetapi itu sangat keren lah ya, bisa saling merangkul dengan foto bersama. Selain itu, BEM Kammalah mengadakan perlombaan di hari batik nasional. Yaitu siapa yang memakai batik dengan foto yang keren akan mendapatkan hadiah. 

Bagi abang sendiri, Bagaimana pengaruh peringatan Hari Batik nasional dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran akan warisan budaya Indonesia ?

Pengaruhnya itu bersifat positif, karena kita tidak melupakan adanya warisan budaya batik yang begitu keren dengan segala motif-motifnya. Jangan sampai kita meninggalkannya atau tidak melestarikan budaya. Jangan budaya luar melulu yang di pakai tapi pakailah budaya kita sendiri. toh, budaya kita keren-keren dengan berbagai macam budaya yang ada di indonesia.

Ada saran nggak bang untuk peringatan Hari batik nasional selanjutnya pada tahun depan di stit al marhalah al ulya itu inginnya seperti apa gitu ? 

Sarannya itu untuk tahun depan harus tetap dilaksanakan hari batik nasional enggak tahun ini doangan dan juga lebih meriah ya di adakannya. Biar semuanya ikut memeriahkan hari batik nasional. 

Terakhir nih bang, apa sih yg menjadi harapan abang sebagai mahasiswa merayakan hari batik nasional?

Harapan saya, jangan malu dah ya untuk melokal, jangan pakai brand luar mulu tapi lestarikan dan tingkatkan budaya kita yang ada di indonesia. 

Semoga dengan adanya Hari Batik Nasional menjadi pengingat bagi kita sebagai warga negara  indonesia harus selalu mencintai budaya yang ada di indonesia dan terus melestarikannya. Selain itu, bagi mahasiswa itu sendiri diharapkan tidak hanya merayakan tapi mengetahui nilai-nilai dibalik dari adanya budaya tersebut.

Posting Komentar untuk "Muhammad Faizal : Menyambut Gembira Hari Batik Nasional"