Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Niki Gumay : Mengungkap lebih dalam Media Pena Bekasi

Pimred Penabekasi.id
Niki Gumay : Pimred Penabekasi.Id.

PMU, 2 Oktober 2023

Acara Nobar Film Jagal dihadiri salah satunya oleh Media Pena Bekasi yaitu Bang Niki Gumay selaku pimpinan redaksi penabekasi.id. Media Berita merupakan sarana pemberian informasi yang ditujukan pada pihak pembaca dan penerima informasi. Dengan adanya media berita, masyarakat mudah mengetahui informasi-informasi yang terbaru mengenai suatu hal yang ingin diketahuinya. Pada kesempatan tersebut, kami mendapatkan kesempatan melakukan wawancara dengan bang Niki Gumay. Adapun wawancara dengan beliau sebagai berikut.  

Setiap Media tentu menghadirkan penyajian berita dalam segmen tertentu. Nah, Media Pena bekasi itu menyajikan berita dalam segmen apa saja bang? 

Penabekasi ini hampir seluruhnya menyajikan segmen. Karena kita sebagai media online harus bisa menyajikan berita yang akurat. Di penabekasi mempunyai beberapa wartawan yang memegang masing masing rubrik seperti pendidikan, Politik, Pemerintah, olahraga, lingkungan hidup, peristiwa, dll. Jadi setiap wartawan penabekasi mempunyai target nya masing masing untuk menulis. 

Bagaimana media Pena bekasi ini berupaya untuk memerangi disinformasi dan berita palsu?

Dalam memerangi media informasi jika dalam sebuah penulisan media harus melakukan dua arah agar dalam sebuah berita arah dan tujuannya bisa tersampaikan oleh pembaca. Bicara tentang hoax ini adalah kesadaran kita masing masing. Karena ini harus sama-sama kita perangi dengan mencari informasi yang benar benar valid.

Bagaimana media pena bekasi ini, menjaga kebebasan pers dalam menyampaikan berita? 

kebebasan pers meliputi kebebasan mendirikan usaha penerbitan maupun penyiaran, kerja jurnalistik untuk mendapatkan akses informasi, kebebasan editorial, dan jaminan hak-hak jurnalis. Ini juga penting karena wartawan selalu dianggap rendah namun berdampak besar bagi negeri ini. Tetap saya sendiri membebaskan berekspresi untuk para jurnalis menyampaikan berita. Tapi tentu tidak menyalahi aturan UU Pers No. 40 tahun 1999.

Apakah media ini memiliki inisiatif khusus dalam mendukung pendidikan masyarakat tentang literasi media? 

Penabekasi selalu menjadi tempat belajar para masyarakat untuk belajar menjadi seorang penulis. Penabekasi juga biasa mengisi di beberapa agenda untuk bisa sharing tentang literasi media. Bahkan ada beberapa mahasiswa komunikasi yang magang di penabekasi.

Bagaimana cara media pena bekasi dalam menjalin kerja sama. Misalnya bila ada ukm pers mahasiswa yg ada di kampus ingin menjalin kerjasama semisal dalam pelatihan dasar jurnalistik?

Menjalin kerjasama dengan penabekasi sangat mudah. Karena kami sangat senang memberikan informasi kepada mahasiswa. Apalagi dengan adanya pelatihan dasar jurnalistik ini sangat mendukung sekali minat bakat mahasiswa bisa tersalurkan dengan baik. Penabekasi selalu siap bekerjasama bahkan jika memang ada yang ingin belajar dilapangan untuk liputan kegiatan penabekasi bisa mengajarkan langsung ke lapangan.

Demikian wawancara dengan Bang Niki Gumay selaku Pimpinan Redaksi Penabekasi.Id. Kami ucapkan terima kasih banyak sudah mau membagikan informasinya seputar media berita. Mudah-Mudahan kita semua yang membaca ini dapat mengambil manfaat dari tulisan ini.

Posting Komentar untuk "Niki Gumay : Mengungkap lebih dalam Media Pena Bekasi"