Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PCNU Kota Bekasi : Upaya Membangun Produktivitas bagi Generasi Masa Depan NU

PMU, 22 Oktober 2023

Pada tanggal 21 Oktober 2023 PCNU Kota Bekasi mengadakan acaranya di gedung Mandala Adhyaksa bekasi dengan tema "Meneguhkan Peran Santri dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat". Pada kesempatan itu, kami dari UKM Pers Marhalah 'Ulya mendapatkan kesempatan untuk wawancara dengan 2 narasumber yaitu Bapak H. Sujatmiko, ST. dan Ibu Dr. Hj. Ifa Fauziah Rohmah,M.Pd. Baca juga artikel terkait "PCNU Kota Bekasi :Meneguhkan Peran Santri dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat".

Dr. Hj. Ifa Fauziah Rohmah,M.Pd. 

Wawancara yg pertama yaitu dengan ketua LP Ma'arif Jawa Barat Ibu Dr. Hj. Ifa Fauziah Rohmah,M.Pd. sebagai berikut. 

Selaku ketua LP Ma'arif Jawa Barat ya bu, pergerakan apa saja sih yg dilakukan oleh LP Ma'arif tersebut? 

Pertama Penguatan keaswajaan berupa pembuatan buku kurikulum keaswajaan (sekolah yg berafiliasi dengan LP Ma'arif) mulai dari tingkat SD, MI, SMP, MTS, SMA dan MA sebagai fondasi awal dan kemudian, Penguatan kitab-kitab kuning  yg bisa dipakai di lembaga-lembaga sekolah. 

Kedua, penguatan tenaga kependidikan berupa pelatihan-pelatihan dalam penguatan inovasi pengajaran semisal latihan literasi dan numerasi berbasis akidah aswaja. 

Ketiga bagaimana kesejahteraan dan penempatan dari tenaga kependidikan di Ma'arif sehingga bisa terus berkolaborasi dengan pemerintah dalam hal pendidikan seperti intensif para guru tetap berjalan maksimal. 

Keempat penguatan untuk siswa semisal memberangkatkan lulusan Ma'arif untuk kuliah dan kerja di luar negeri. 

Program-Program itu semua sesuai dengan amanah PBNU untuk menyiapkan kader-kader yg mumpuni di berbagai bidang dan juga tetap berkolaborasi dengan pihak pemerintah seperti DPR, DPRD, kementrian termasuk perusahaan-perusahan industri

Lalu, untuk Kurikulum keaswajaan itu seperti apa sih bu ? 

Kurikulum keaswajaan bisa masuk dari pendidikan keagamaan tapi di situ ada buku panduan tentang bagaimana prinsip-prinsip akidah aswaja dll. 

Sejauh mana, ibu melihat peran santri dalam membangun peradaban di Indonesia? 

Sejauh ini sudah mulai ada pergerakan seiring berjalan seiring dengan terbukanya media sosial dan digitalisasi semakin terkonektivitas dan tentunya tetap dibentengi dengan nilai-nilai keagamaan

Harapan dengan adanya LP Ma'arif di NU apa sih bu? 

Mempersiapkan kader-kader NU yang kuat ilmunya, akidahnya, teknologinya dan lain sebagainya. 

H. Sujatmiko, ST.

Wawancara yg kedua yaitu dengan Bapak H. Sujatmiko, ST. Sebagai berikut. 

Dalam penyampaian materi, dari cerita bapak yg dulu sebagai seorang pengusaha. Lalu, hal apa sih yg ingin bapak tekankan kepada santri masa kini? 

Santri itu harus mengisi semua sektor dari mulai ekonomi, hukum, pertahanan, teknik dan lain-lain. 

Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa santri itu punya kelebihan dalam hal menerapkan ajaran agamanya di berbagai pekerjaan seperti sifat jujur dll.

Sedikit yg saya tahu, ada pondok pesantren yg fokusnya hanya mempelajari kitab akan tetapi tidak membangun jiwa santri dalam usaha. Apa tanggapan bapak mengenai hal itu? 

Tidak semua pesantren seperti itu, ada juga beberapa pesantren yg mengajarkan santrinya menjadi seorang pengusaha seperti darul qur'an dan pesantren yg ada di sidogiri dan sekarang itu sudah banyak penerapan model pesantren seperti itu. 

Menurut bapak, seberapa besar potensi santri menjadi pengusaha?

Potensinya sangat besar karena para santri diajarkan nilai-nilai yg baik dalam usaha melalui ajaran-ajaran islam. 

Harapan kepada santri dalam hal membangun usahanya? 

Sebagai santri jangan bosan untuk berinovasi untuk mencoba dan berdoa kepada Allah. Dengan berdoa, berikhtiar, istiqomah insya Allah itu semua bisa diraih. 

Demikian wawancara kami dengan Narasumber. Mudah-mudahan santri ke depannya bisa menjadi penerus bangsa yg semakin baik dalam berbagai sektor kehidupan masyarakat dan negara. 

Posting Komentar untuk "PCNU Kota Bekasi : Upaya Membangun Produktivitas bagi Generasi Masa Depan NU"