Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkaian Acara Sumpah Pemuda di Kampus Marhalah 'Ulya

Ketua Bidang Kemahasiswaan bersama OKP Pemuda Kota Bekasi
Ketua Bidang Kemahasiswaan bersama OKP Pemuda Kota Bekasi
Bekasi-persmarhalah.com. Kampus STIT Al-Marhalah Al-'Ulya telah mengukir sejarah baru dengan menghadirkan Organisasi Kepemudaan (OKP) Kota Bekasi pada acara Hari Sumpah Pemuda. Selain itu, Acara ini dihadiri oleh Ketua Bidang Kemahasiswaan (Prof.H.Hadi Winarno,M.Pd.), Bem Kammalah, UKM Seni, UKM Marpala Gamabi, UKM Pers, Mahasiswa dari Luar Kampus Marhalah 'Ulya dan Mahasiswa STIT Al-Marhalah Al-'Ulya. Adapun Narasumber pada acara tersebut yaitu OKP Kota Bekasi mulai dari Ketua PERGUNU (Lukmanul Hakim,S.Pd.MM.), Ketua GP Ansor (Hasan Muchtar,SH.), Koordinator Presidium KAHMI (Budiman,SE.), Ketua KATAR (H.Darkam Suryadi, SH.I.), Ketua SAPMA PP (Reynaldy Aditama Rizki) dan Ketua DPD KNPI (Mardani Ahmad,S.IP,M.Ipol.). Kegiatan Acara Sumpah Pemuda ini diadakan di Lapangan Ma'had Annida Al-Islamy Kota Bekasi pada hari sabtu (28/10/2023).
Ketua Bidang Kemahasiswaan : Prof.H.Hadi Winarno,M.Pd.
Ketua Bidang Kemahasiswaan : Prof.H.Hadi Winarno,M.Pd.
Acara Sumpah Pemuda yang diadakan di sore hari hingga malam hari ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Bangun Pemudi Pemuda. Kemudian, dilanjutkan dengan Sambutan yang dilakukan oleh Ketua Bidang Kemahasiswaan (Sebagai Perwakilan Kampus STIT Al-Marhalah-Al-'Ulya). yaitu Prof.H.Hadi Winarno,M.Pd. Dalam pidatonya beliau mengajak para mahasiswa untuk mengobarkan terus semangat sumpah pemuda, karena tanpa pemuda negara itu tidak akan ada.
Ketua PERGUNU : Lukmanul Hakim,S.Pd.MM.
Ketua PERGUNU : Lukmanul Hakim,S.Pd.MM. 
Kemudian, pemaparan yang Kedua disampaikan oleh Ketua PERGUNU Kota Bekasi (Lukmanul Hakim,S.Pd.MM.). Dalam Sambutannya beliau menegaskan bahwa Garda terdepan dalam membawa perubahan yaitu melalui jalur pendidikan.
Selain itu, beliau memberikan pesan kepada generasi muda untuk selalu menjaga Etika, Adab dan Akhlak dalam kehidupan sehari-hari.
Pembacaan Puisi : Nazril Ilham dan Siti Fatimah Az-Zahra
Pembacaan Puisi : Nazril Ilham dan Siti Fatimah Az-Zahra
Di sela-sela penyampaian materi, Narasumber dan Para Audiens dihibur dengan puisi yang dibacakan oleh Saudara Nazril Ilham dengan judul "Hei Pemuda Dengarlah Sajak ku" dan Siti Fatimah Az-Zahra dengan judul "Surat Kecil Untuk Para Pemuda" (Dua Puisi tersebut karya dari Nazril Ilham yang merupakan Anggota UKM Seni Cilpa Aksa). 
Ketua SAPMA PP : Reynaldy Aditama Rizki
Ketua SAPMA PP : Reynaldy Aditama Rizki
Selanjutnya, pemateri yang ketiga disampaikan oleh Ketua SAPMA PP Kota Bekasi (Reynaldy Aditama Rizki). Dalam pembukaannya, beliau menjelaskan bahwa tantangan 5-10 tahun ke depan lapangan pekerjaan akan semakin berkurang karena peran manusia akan digantikan oleh AI (Artificial Intelligence)/ Kecerdasan Buatan. 
Selain itu, beliau memberikan pesan kepada pemuda untuk berani dalam mengambil keputusan untuk kemajuan bangsa.
Koordinator Presidium KAHMI : Budiman,SE.
Koordinator Presidium KAHMI : Budiman,SE. 
Penyampaian materi yang keempat disampaikan oleh Koordinator Presidium KAHMI Kota Bekasi (Budiman,SE.). Dalam sambutannya beliau menceritakan sejarah sumpah pemuda dan pesan beliau kepada para pemuda yaitu  "Jangan jadi Kaum Rebahan". Hal ini menandakan bahwa pemuda indonesia harus mempunyai semangat tinggi dalam menginisiasi banyak hal.
Ketua KATAR : H.Darkam Suryadi, SH.I.
Ketua KATAR : H.Darkam Suryadi, SH.I.
Sambutan yang kelima disampaikan oleh Ketua KATAR Kota Bekasi (H.Darkam Suryadi, SH.I.). Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa para pemuda harus mempunyai spirit dan motivasi sebagai agen perubahan negara.
Selain itu, beliau memberikan arahan untuk meraih bonus demografi 2045, maka para pemuda diarahkan untuk memilih pemimpin yg memperhatikan terkait hal pendidikan dan asupan gizi.
Ketua DPD KNPI : Mardani Ahmad,S.IP,M.Ipol.
 Ketua DPD KNPI : Mardani Ahmad,S.IP,M.Ipol. 
Pemaparan yang keenam mengenai acara sumpah pemuda disampaikan oleh Ketua DPD KNPI Kota Bekasi (Mardani Ahmad,S.IP,M.Ipol.). Dalam sambutannya beliau memberitahukan bahwa Peran KNPI itu mengkoordinir 103 organisasi yg terdiri dari organisasi kemahasiswaan, pelajar, partai dan ormas dan kunci untuk menghadapi tiap perbedaan adalah komunikasi. Oleh karena itu, beliau berpesan kepada para pemuda untuk terus menjaga komunikasi satu sama lainnya agar siap menghadapi perbedaan.
Ketua GP Ansor : Hasan Muchtar,SH.
Ketua GP Ansor : Hasan Muchtar,SH.
Penyampaian Materi yang ketujuh, disampaikan oleh Ketua GP Ansor Kota Bekasi (Hasan Muchtar,SH.). Dalam sambutannya beliau menekankan bahwa pemuda indonesia harus mempunyai komitmen yang kuat dalam bertindak.
Pada Malam hari setelah shalat maghrib Ketua Pergunu Kota Bekasi menyampaikan 3 hal terkait pendidikan sekaligus hal ini sebagai pembuka sesi diskusi yaitu :
  1. Tergerak untuk membangun sistem pendidikan yang baik, yang mempunyai ide dan gagasan yang baru.
  2. Bergerak dalam konteks membangun pendidikan yang baik dan mencegah disintegrasi bangsa.
  3. Menggerakkan polarisasi untuk membuat diferensiasi dari mulai konten, proses dan hasil.
Setelah penyampaian itu, diskusi tersebut terkait dan menekankan kepada masalah belum adanya blueprint pendidikan untuk mencapai demografi emas 2045. Tentunya diskusi yang berlangsung kemarin malam memang belum membuahkan hasil karena untuk membahas masalah tersebut harus adanya pemegang kebijakan dari pemerintahan yg mengatur hal tersebut. 
Pemberian Buku Biografi Syekh Muhajirin kepada Narasumber
Setelah itu, Para Narasumber diberikan kenangan-kenangan berupa buku biografi Syekh Muhammad Muhajirin Amsar Ad-Dary (Buah Karya dari Dr.H.Muhammad Aiz,MH.).
Terakhir, Para Audiens dihibur oleh tim tari, seni teater, dan penampilan akustik yang dibawakan oleh UKM Seni Cilpa Aksa.
Buku Biografi Syekh Muhajirin
Buku Biografi Syekh Muhajirin

Posting Komentar untuk "Rangkaian Acara Sumpah Pemuda di Kampus Marhalah 'Ulya"