Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marhalah Mengajar: Persiapan Mahasiswa Menghadapi PPL dengan Profesionalisme

persmarhalah.com 3/02/2024. Kembali datang kegiatan Marhalah Mengajar menggaungkan dengan eksistensi sesuai kebutuhan mahasiswa/i STIT Al-Marhalah Al 'Ulya dengan tema " Pengenalan PPL" yang memang akan di hadapi para Mahasiswa pada Tahun ini. Pengenalan ini bertujuan sebagai pembekalan yang akan mereka hadapi pada saat PPL nanti 

Setiap perguruan tinggi ada program terjun ke masyarakat untuk praktek yang akan di lakukan oleh mahasiswa, jadi tidak sekedar just teori yang mereka dapatkan di bangku perkuliahan melainkan  praktek lapangan untuk mendapatkan Pengalaman By Experiene. Mereka akan mendapatkan pengalaman realistis setelah lulus nanti dengan gelar yang mereka Sandang yaitu Sarjana Pendidikan( S. Pd). 

Dokumentasi Kegiatan 

Kesempatan kali ini Para dewan Pengurus Marhalah Mengajar Mengundang Abang Datto Jainun Abdi yang menjadi pemateri pada kesempatan pertemuan Minggu ini. Pembekalan ini sangat penting untuk para Mahasiswa dalam mengantisipasi masalah-masalah yang akan dihadapi pada saat PPL nanti.  

Baca juga : Pemilu yang pilu

PPL atau Praktik Pengalaman Lapangan pada dasarnyaa ialah "kegiatan mahasiswa untuk meningkatkan penguasaan atas kompetensi profesional melalui praktikum dalam lingkungan yang sesungguhnya, yang diadakan oleh jurusan keguruan di perguruan tinggi."

Dokumentasi Kegiatan 

PPL disebut juga sebagai "praktik mengajar" bagi seorang calon guru. Dalil dasarnya ada di Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, pada bab IV pasal 10 dan dalam Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pada bab VI pasal 3 tentang kompetensi pendidikan dan tenaga kependidikan. 

" Jangan terlalu menggampangkan persoalan PPL ini, karena dengan adanya PPL ini kalian di hadapi oleh kenyataan dunia pendidikan, seperti yang di gaungkan oleh para ahli bahwa PENGALAMAN ADALAH GURU TERBAIK. Sesuai itu, maka jangan meremehkan dengan adanya PPL ini. Kalian juga bisa menemukan judul yang akan jadikan tugas Akhir yaitu SKRIPSI  kalian garap dari persoalan di lingkungan. Judul bukanlah hal yang susah karena terkadang Mahasiswa melupakan bahwa bukan mencari judul, tapi mencari masalah yang akan di bahasa akademiskan barulah akan menjadi judul yang akan kalian teliti pada semester akhir nanti" ucap sepatah dari perkataan Abang Datto 

Dokumentasi Kegiatan 

Banyak hal yang di bahas pada pertemuan Minggu ini, dari Persiapan sebelum melaksanakan PPL diantaranya : Memenuhi persyaratan kampus, Membuat kelompok, Menentukan lokasi sekolah, Melakukan survey, Mengurus perizinan, Menyusun administrasi guru ,Latihan mengajar dan Persiapan mental 

Semua butuh proses, dan jangan terlalu menggampang hal-hal yang kecil, dari hal kecil itulah yang menjadi titik penentu kalian untuk menghadapi hal-hal yang besar di kemudian hari.

Posting Komentar untuk "Marhalah Mengajar: Persiapan Mahasiswa Menghadapi PPL dengan Profesionalisme"