Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAHIR ( Mahasiswa Semester Akhir)

 By Pinterest : https://pin.it/4byZTjGxD

Persmarhalah.com 25/03/24 

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

Apa saja yang menjadi persoalan Mahasiswa Akhir?

Fokus Dan Pikiran yang sudah mulai banyak terbagi karena memasuki fase Mandiri. Banyak diantara mereka yang sudah menjadi Mandiri mau tidak mau, siap tidak siap mereka kudu menyiapkan persiapan mereka dalam menghadapi langkah kedepanya dan mereka akan keluar dengan waktu yang sudah di tentukan tidak selalu berada di zona nyaman yang membuat mereka tidak dapat berkembang karena melempem dizona nyaman.

Bagaimana si cara Menjalaninya?

Bicara soal perjalanan Mahasiswa Akhir kita ambil salah satunya yaitu Habbit yang menjadi kebiasaan mereka dalam sehari-hari, bagi mereka yang tersadar karena dapat hidayah mereka akan meninggalkan Habbit buruk menurut mereka dalam menjalani kehidupan yang lebih baik. Pada posisi ini, bagi kamu yang menjadi mahasiswa akhir kudu sadar dengan penuh oleh diri sendiri melakukan perubahan jika tidak maka siapkan dirimu dalam jurang yang tidak pernah kau bayangkan dengan perlakuan mu sendiri

Temukan Judul dulu atau Temukan Masalah?

Biasanya kalau sudah dititik ini maka jawaban nya sudah tertuju pada 1 fokus yaa? yaps, SKRIPSI. Tugas Akhir dalam perjalanan mereka untuk mendapatkan gelar yang mereka raih melalui pembelajaran 3,5 atau 4th. Persoalan Judul dan Masalah tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena sudah menjadi satu kesatuan, hanya saja ada yang menjadi prioritas ini adalah strategi Mahir ini dalam menyelesaikan Studi S1.

PROLOG

Mahasiswa Akhir atau kita sebut saja MAHIR Studi S1 sudah tak asing dengan SKRIPSI yang menjadi hal yang sangat kompleks bagi mereka yang sudah di ujung jalan menyelesaikan apa yang sudah mereka jalani selama 3,5 tahun atau 4 tahun untuk menempuh gelar yang di sandang diakhir nama seperti S.Pd/S.H/S.Sos/S.Kom dst. Dilema dan dramatikal pun terjadi karena tak ayal ada sebagian mahasiswa terlalu santai dalam menjalani proses perkuliahan dari semester awal hingga menjelang, lalu pada saat semester akhir baru terpikirkan dengan banyak pertanyaan yang menjadi titik balik kesadaran realistis mereka dalam menghadapi raja terakhir yaitu skripsi.

Baca Juga : Terlampau Santai Dan Nyaman di Semester Awal: Bukan Hanya Kenikmatan, Tapi Juga Tantangan!

PENJELASAN

Senyaman itu yaa antara Menikmati atau Dinikmati

Waktu 3,5 th atau 4th bukanlah waktu yang cepet, banyak hal yang sudah dilalui Mahasiswa/i dalam menjalani perkuliahan yang penuh dengan dramatikal spontan dengan segala resiko yang sudah mereka alami baik buruknya hanya mereka yang tau. Bagi mereka yang serius dalam perkuliahan maka hal yang terjadi selama mereka kuliah bukanlah sebuah musibah, tetapi cobaan yang mereka ambil dari awal pendaftaran sampai waktu yang menuntut mereka untuk segera lulus dan terbang lebih jauh ubruk perkembangan mereka sesuai dengan kemampuan nya. Mereka yang serius maka pada saat memasuki tahun 2,5 tahun atau lebih tepatnya pada semester 5 mereka sudah memikirkan tugas akhir studi mereka yaitu skripsi yang akan mereka hadapi pada semester nanti jadi ketika mereka sudah pas dalam menentukan judul tidak kelimpungan ribut dan pusing. 

Apa ada Saran untuk menjadi Mahir diatas?

  1. Tentukan Roadmap kalian ketika sudah menjalani UTS Semester I 
  2. Peka terhadap keadaan sosial
  3. Usahakan sudah membuka jalur relasi kepada Kaka tingkat Semester III(karena mereka sudah merasakan Asam Manis Dunia Perkuliahan)
  4. Harus Upadate terhadap Persoalan terutama dengan Ouput Jurusan kalian, seperti Keguruan berfokus kepada Persoalan pendidikan atau Jurusan Manajemen Berfokus terhadap  Persoalan Admininstrasi
  5. Ada Pepatah "Malu Bertanya, Sesat dijalan", maka jangan gengsi bertanya kepada Adik Tingkat kalian siapa tau mereka berkuliah hanya butuh gelar saja sedangkan Pengetahuan mereka sudah jauh dengan kajian Pengalaman Menjadi Pengetahuan
  6. Circle yang baik dan mendukung 
  7. Habbit yang Positif 

JUDUL OR MASALAH

Prolog

Menemukan dan menentukan judul skipsi adalah langkah awal mereka dalam pintu masuk menuju skripsi yang ideal sesuai dengan kemauan Dosen serta kampus yang sudah menentukan karakteristik bagaimana skripsi yang sempurna sesuai apa yang sudah dibentuk. Banyak mahasiswa yang tersendat ketika sudah menghadapi fase ini, dahulu ketika belum keluar Permendikbud tentang Batas Waktu Studi S1 banyak yang sudah bertahun-tahun tidak bisa menyelesaikan apa yang sudah mereka mulai Bahasa Lumrah di Dunia Perkampusan yaitu " Donatur Tetap Kampus", "Kampusku adalah Rumahku" dan "Buah yang Matang Sesuai dengan Waktu yang tepat". Sedikit Banyak bahkan ada yang menganggap sepele dengan ucapan "yang menting bayaran lancar ", padahal ini bukan perihal bayaran tapi keseriusan kalian dalam memilih apa yang kalian mulai dengan studi S1 ini.

Penyelesaian

Persoalan diatas sebenarnya sudah banyak yang mengedukasi agar tidak terjadi seperti penjelasan diatas, salah satunya dengan strategi. Bayangkan dan Anggap saja kalian sedang bertempur melawan lord terakhir yaitu SKRIPSI yang menjadi BIGBOSS dalam permainan, maka kalian akan membutuhkan strategi yang sesuai dengan medan terjalnya. Jalanya ada 2 opsi yaitu ada Jalan Cari Judul dan Ada Jalan Cari Masalah yang akan menjadi pemecah untuk menyelesaaikan permainan kalian.

Opsi Pertama Cari judul, yaitu kalian cari judul yang sesuai dengan jurusan kalian dengan skema Terbaru dengan Update terpanas pada era zaman now. Setelah ketemu judul maka kalian cari masalah yang relevan untuk kalian kaji lalu sehabis itu kalian cari sekolah yang akan kalian jadikan sample penelitian Skripsi ini tapi harus dipertegas Sekolah nya harus mempunyai persoalan yang sama dengan masalah dan judul kalian teliti nanti, jangan sampai itu hanya haluan kalian karena tidak mau repot-repot 

Opsi Kedua Cari Masalah, Pada persoalan ini kebalikan dari opsi pertama yaitu kalian cari masalah yang sedang berkembang,hots,viral pada fokus kamu dimana nanti masalah yang kalian dapat ini akan kalian Bahasakan ke Akademiskan dan sesuai dengan pemahaman kalian jika kampus kalian mengharuskan 2 bahkan 3 variable maka kalian pahami mana X nya dan Y nya setelah kalian akademiskan. Tak ayal pada opsi kedua ini sering terjadi ketemu pada saat kegiatan PPL,PKL bahkan KKN yang ada dilapangan lalu kalian angkat untuk menjadi bahan penelitian dengan judul yang sudah ditemui. Pada proses ini pula kalian tidak usah mencari tempat karena tempatnya berbarengan dengan madalah yang kalian temui dan lebih nyaman lagi ketika kalian pengajuan judul ke Dosen Pembimbing atau Konsul kalian akan lebih nyaman karena ketika pengajuan ini biasanya hal yang menjadi topik utamanya yaitu Mengapa Kalian Mengambil Topik Penelitian ini?, Yaps jawabannya adalah Masalah yang kalian sudah temui

Begitu saja yaa para pembaca, Apakah ada pembahasan yang kalian belum mengerti? Atau Rekomendasi Bahan yang akan kami bahas di Artikel selanjutnya? Hubungi kami dalam Contak person melalui Email ataupun Media sosial kami. 

Posting Komentar untuk "MAHIR ( Mahasiswa Semester Akhir)"