Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Martin Suryajaya : Pengantar Estetika

Martin Suryajaya
Martin Suryajaya

Bekasi, Pers Marhalah 'Ulya

Tanggal 7 Juli 2024, UKM Seni Cilpa Aksa mengadakan sebuah Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), di daerah Cisarua, tepatnya di Villa Vidor. Diklat Seni Cilpa Aksa ini, di beri tema "Mengaktualisasikan diri demi terwujudnya jiwa yang berjiwa kesenian".

Pada hari Minggu, kita berkesempatan untuk berdiskusi bersama Narasumber kita yaitu Mas Martin Suryajaya salah satu sastrawan sekaligus filsuf yang sudah mengarang banyak tulisan di antaranya yang sedang populer belakangan ini adalah Sebelum Hancur Lebur. Pada kesempatan kali ini mas martin akan memberikan pengetahuannya mengenai Pengantar Estetika, dalam materi yang akan mas martin bawakan kita sudah bisa membaca terkait estetika di dalam bukunya yang berjudul Sejarah Estetika, salah satu buku beliau yang tebalnya mencapai 1000 halaman. Dalam buku Sejarah Estetika ini beliau menjelaskan sejarah estetika dari masa pra sejarah hingga abad ke-21.

Baca Juga

Nabil, M.Ag. : Pengantar Sastra

Sejarah Estetika
Sejarah Estetika
Mas Martin Suryajaya
Martin Suryajaya adalah seorang laki-laki kelahiran 11 Maret 1986 di Semarang, beliau menjalankan jenjang sekolah yang sangat panjang. Martin adalah salah satu filsuf dan juga penulis buku, sudah banyak buku yang beliau karang hingga saat ini. beliau salah satu lulusan STF Driyakara, jakarta jurusan Filsafat pada tahun 2005-2009 silam. Beliau juga memiliki banyak jenjang pengalaman berorganisasi, di antaranya adalah: Pemimpin Redaksi Jurnal Filsafat Driyakara (2007-2009), beliau juga pernah menjadi Koordinator Pusat Studi Fenomenologi dan Filsafat Prancis-STF Driyakara. Mas Martin juga mempunyai salah satu chanel youtube yang banyak sekali membahas tentang Filsafat, seni, politik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pengantar Estetika

Estetika memiliki banyak arti, ada yang mengartikan keindahan, ada juga yg mengartikan sebagai klinik keindahan. Kata estetika sendiri sebenarnya sudah ada dari abad ke-18 dari era Plato sampai Imanuel khant. Estetika berasal dari kata Yunani yaitu "aisthesis" yang berarti penyerapan inderawi. Estetika sendiri termasuk salah satu kajian epistemologi yaitu asal usul pengetahuan manusia. Pengalihan kata estetika sendiri dipelopori oleh salah satu tokoh estetikawan Alexander Baumgarten (1714-1762)
"Kesimpulan dari sebuah estetika adalah apa yang membuat sesuatu itu indah? Tentu dilihat dari  segi wahananya, lebih tepatnya adalah bagaimana sang seniman mengolah wahananya supaya menjadi lebih menarik, itulah yg dikenal dengan Medium Specifity (kekhasan wahana)".

Tonton Juga : Pengertian Estetika dan Filsafat Seni 

Unsur Yang Dikaji Dalam Estetika

Dalam Estetika ada beberapa hal yang dikaji, penjabarannya sebagai berikut:
  1. Ontologi Seni
    Ontologi Seni adalah hakikat karya seni yang memiliki Nilai estetis karya seni, Seniman, dan karyanya.
  2. Epistemologi Seni
    Epistemologi Seni adalah Proses kreatif, Apresiasi Seni, Metode kritik Seni.
  3. Filsafat Sosial Seni
    Filsafat Sosial Seni adalah hubungan karya seni dan masyarakat Ekonomi-politik Seni.
inilah beberapa unsur yang dikaji ketika membahas tentang Estetika.

Tren-tren Terbaru Teori Estetika

Di era-era sekarang banyak sekali teori-teori Estetika yang sedang gencar-gencarnya, di antaranya adalah: Estetika Imersif, Digital Humanities, dan Neuro-Estetika, ketiga teori ini yang menurut Mas Martin yang sedang trend.
  1. Estetika Imersif
    Imersivitas adalah nilai estetis baru yang belakangan banyak dikaji. Misalnya: Anna Kornbluh, Immerdiacy, or The Style of Too Late Capitalism (2024)
  2. Digital Humanities
    Penggunaan AI untuk mengeksplorasi pola dari big data seni menghasilakan cara pandang baru tentang topik-topik estetika. Misalnya : Susan Gagliardi, "Mapping Senufo" (2020).
  3. Neuro-Estetika
    Perkembangan neurosains telah merambah ranah estetika. Misalnya : Chiara Cappelletto, Embodying Art : How We See, Think, Feel, and Create (2020)
Inilah beberapa teori estetika yang sedang tren pada saat ini.
Teori Tren Estetika
Teori Tren Estetika
Klasifikasi Pembacaan Estetika
Klasifikasi Pembacaan Estetika
Klasifikasi Pembacaan Estetika
Jadi itulah sekilas materi tentang Pengantar Sastra yang disampaikan oleh Narasumber kita kali ini Mas Martin Suryajaya.
Dokumentasi G-Meet dengan Pemateri Mas Martin Suryajaya
Materi ke-3, Mas Martin

Posting Komentar untuk "Martin Suryajaya : Pengantar Estetika"